Jumat, 03 Desember 2010

TIPS MEMILIH & MERAWAT NEPENTHES (KANTONG SEMAR)

TIPS MEMILIH & MERAWAT NEPENTHES ( KANTONG SEMAR )

ini ada beberapa Tips dari saya:

1.Siram Nepenthes Setiap hari agar kelembaban terus terjaga..untuk nepi yg menyukai sinar matahari langsung..pilih pot yg ada nampan air. kalo tidak ada bisa beli nampan plastik di tempat orang jualan ember dsb harga sekitar 18ribu/lusin (lebih murah dan awet)
2. cara memilih nepi yg mempunyai bakat kantong merah adalah dengan melihat pinggiran daun nepi (kadang ada sedikit warna merah), kemudian bisa di liat dari batang (agak kemerahan) .meskipun nepi tersebut kantongnya masih hijau tapi ada kemungkinan pas sudah gede dan perawatan yg baik nanti akan berkantong merah.

agar nepenthes terlihat rimbun & berkantong banyak (bisa sampe -/+20 kantong dalam 1 pot) ada 2 cara yg biasa saya lakukan yaitu :
1. menanam dua individu tanaman nepenthes dalam satu pot
atau
2. pemangkasan pada pucuk saat tanaman masih kecil , sehingga muncul tunas dan cabang2 baru dari ruas daun (jadi dengan begitu satu tanaman nepenthes mempunyai 2-4 cabang tapi tetap satu akar)..saya udah terapkan cara ini pada n.mirabilis, n.ampullaria, n.grasilis,n.ventrata di rumah

-rata-rata penjual nepenthes lokal di daerah saya mengikuti cara no1 (lumayan tiap beli 1 pot dapet dua nepenthes)

4 komentar:

  1. berapa lama tunas nepentes rafflesiana tumbuh

    BalasHapus
  2. berapa lama nepenthes berhadaptasi di lingkungan barunya

    BalasHapus
  3. nepentes apa yang untuk pemula

    BalasHapus
  4. saya baru beli tanaman nephentes 18 unit tapi saya belum pernah mengenal cara perawatannya. cara apa dulu yang saya butuhkan untuk menjamu kedatangan para tanaman ini. saya jadi binggung juga sementara pengetahuan masih lemah.

    BalasHapus